Baunya pengen muntah tapi rasanya bikin nagih. Itulah kalimat yang cocok ketika kita mengkonsumsinya. Makanan apakah itu?

Ia adalah jengkol. Sama seperti petai, banyak orang yang tidak mau makan jengkol karena alasannya bau. Baunya yang sangat menyengat membuat orang tidak menyukai jengkol.

Apalagi saat buang air kecil, hum.... Namun, jika kamu mengetahui manfaat makan jengkol, kamu tidak akan pikir dua kali untuk memakannya deh.
Baunya Pengen Muntah Tapi Rasanya Bikin Nagih
klik bait (sengaja)

Inilah 7 manfaat makan jengkol. Simak ulasannya yah.


1. Jengkol kaya akan zat besi sehingga mencegah dan mengatasi kekurangan sel darah merah. Kekurangan sel darah merah tentunya tubuh akan kekurangan oksigen dan nutrisi. Jika ini terjadi maka kamu akan terlihat lemah, lelah, dan mudah putus asa.

2. Jengkol mengandung kalsium dan fosfor yang dapat mencegah terjadinya osteoporosis (tulang rapuh).
manfaat jengkol
manfaat jengkol

3. Jengkol juga mengandung protein sehingga dapat membantu pembentukan jaringan di dalam tubuh.

4. Jengkol bersifat diuretik sehingga baik dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung.

5. Jengkol juga mengandung asam folat yang mampu mencegah cacat bawaan pada bayi. Jadi, jengkol juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

6. Jengkol mengandung serat yang tinggi. Ini bertujuan untuk melancarkan buang air besar.

7. Jengkol mampu mencegah penyakit mag, mencegah racun masuk ke tubuh karena jengkol mengandung anti oksidan, dan aman dikonsumsi penderita diabetes karena jengkol mengandung gula yang mudah diurai.

Itulah 7 manfaat jika anda suka mengkonsumsi jengkol. Namun perlu diingat bahwa mengkonsumsi makanan secara berlebihan tentunya tidak baik bagi tubuh kita.

Apakah anda suka makan jengkol? Tulis tanggapanmu di kolom komentar.

Post a Comment

Previous Post Next Post