Sidua - Bunda Maria adalah ibunya Yesus dalam kepercayaan Agama Kristen. Namun dalam kepercayaan Agama Islam, Bunda Maria atau Sitti Maryam adalah ibunya Nabi Isa as.

Yesus dan Nabi Isa as berbeda, karena Yesus dianggap Tuhan oleh umat Kristiani sedangkan Nabi Isa as adalah seorang utusan Allah swt atau seorang nabi.

Kerudung Bunda Maria Bertuliskan Laa Ilaaha Illallah
Bunda Maria dan Yesus 'kecil'
Nabi Isa as lahir dari seorang perempuan yang masih perawan atau seorang perempuan yang tanpa disentuh laki-laki, yakni Sitti Maryam atau Umat Kristen menyebutnya Bunda Maria atau dalam bahasa kerennya The Virgin.

Beberapa waktu lalu, netizen dihebohkan dengan gambar Bunda Maria. Kenapa tidak, gambar Bunda Maria yang dibagikan di salah satu grup Facebook tersebut memiliki tulisan Arab.

Ya, tulisan Arab pada kerudung Bunda Maria di gambar tersebut setelah diteliti ternyata benar, tulisan Arab tersebut adalah lafaz tahlil 'Laa Ilaaha Illallah'.

Gambar tersebut memang benar adanya. Gambar Bunda Maria dengan kerudung bertuliskan Laa Ilaaha Illallah berada di museum yang sama dengan lukisan Monalisa yang terkenal.

Kerudung Bunda Maria Bertuliskan Laa Ilaaha Illallah sidua
Lukisan Monalisa
Museum itu adalah Museum Louvre, tempat berbagai barang berharga milik Prancis.

Pada gambar tersebut, tampak Bunda Maria menggendong 'Yesus' bayi.

Lukisan tersebut adalah karya Ugolino yang berjudul 'The Virgin and The Child'

Hijab Bunda Maria tersebut setelah diteliti oleh periset Arab World Institute, ternyata tulisan tersebut adalah tulisan Arab Pseudo Kufic. Tulisan Arab Pseudo Kufic pada hijab Bunda Maria itu berlafaz لا اله الا الله "laa Ilaaha Illallah".

Kerudung Bunda Maria Bertuliskan Laa Ilaaha Illallah sidua
Bunda Maria
Dan diteliti juga, banyak tulisan Arab Kufic pada lukisan-lukisan artefak umat Katolik seperti pada jubah seorang raja Katolik taat yakni Raja Roger II of Sicily dari Austria.

Dahulu kala, Timur Tengah dikenal dengan ilmu pengetahuannya, seninya dan budayanya seperti yang diteliti oleh seorang peneliti Islam abad pertengahan, Marion yang juga pakar membaca tulisan Arab Kufic.

Dengan kebudayaan yang maju tersebut menjadikan Timur Tengah didatangi bangsa-bangsa lain termasuk bangsa Eropa. Seperti yang dikatakan bahwa Bangsa Eropa membeli banyak kain, permadani, lukisan dan barang barang berharga lainnya.

Pada barang-barang tersebut sering terdapat tulisan tauhid seperti pada lukisan Bunda Maria tersebut, sehingga akhirnya ditiru oleh orang-orang Eropa.

Tulisan Laa Ilaaha Illallah pada jilbab Bunda Maria tersebut bukanlah suatu tiruan tanpa arti atau kebetulan belaka, karena mengingat Bunda Maria adalah seorang yang taat.

Hal ini, membuktikan bahwa Maryam dan Yesus mengajarkan tauhid atau Laa Ilaaha Illallah "Tidak ada tuhan yang patut disembah kecuali Allah" seperti yang tertulis dalam Al-Quran.

Kalimat Laa Ilaaha Illallah bukanlah sekedar kalimat, namun memiliki arti dan makna yang dalam.

Laa Ilaaha Illallah berarti mengingkari segala bentuk sesembahan, menolak segala bentuk sesembahan, tidak minta pertolongan kepada apapun, dan tidak ada tuhan yang patut disembah kecuali Allah swt, serta menetapkan Allah swt sebagai satu satunya tuhan yang patut diibadahi, Allah swt satu-satunya tuhan yang wajib disembah.

Nah, itulah alasan kenapa pada jilbab Bunda Maria terdapat kalimat Laa Ilaaha Illallah, kalimat tauhid yang memiliki arti yang dalam. Bagaimana menurutmu? Tulis tanggapanmu di kolom komentar.

Post a Comment

Previous Post Next Post