5 trik ini akan membuka mata anda tentang dunia bisnis. Biasanya trik-trik ini dilakukan oleh mereka-mereka yang sudah paham bisnis marketing.

5 Trik Penjual 'Menipu' Pembeli yang Membuat Dagangan Laris (PenaSumatera)

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh penjual untuk membuat dagangannya laris. Kalau dibilang dagangan sih tidak terlalu cocok. Tetapi yang penting kamu mengerti apa yang dibahas.

Banyaknya orang yang bersaing dalam dunia bisnis sehingga harus ada trik kreatif yang harus dimiliki supaya tidak tenggelam dalam persaingan.

Inilah 5 trik penjual yang 'menipu' pembeli. Mungkin kamu tidak sadar tetapi kamu sudah terlibat.

5 Trik Penjual 'Menipu' Pembeli


1. Tipuan Ukuran


Tipuan yang pertama adalah tipuan ukuran. Untuk kamu yang sering belanja mungkin kamu tidak menyadari hal ini, padahal hal semacam ini sering kamu jumpai.

Kamu bisa amati di tempat perbelanjaan. Kamu akan menemukan produk ukuran kecil, sedang, dan besar. Contoh harga ukuran kecil Rp 20.000, sedang Rp 40.000 dan besar 50.000 dengan ukuran produk sedang dan besar hampir sama.

Biasanya produk sedang dan kecil memiliki ukuran yang agak jauh berbeda. Kemungkinan besar kamu akan membeli produk ukuran besar, benarkan?

Karena jika dipikir, membeli produk ukuran kecil akan rugi, sedangkan ukuran sedang dan besar memiliki selisih harga yang tidak besar, sehingga keputusanmu membeli produk berukuran besar.

Jika benar kamu membeli ukuran besar berarti kamu sudah terkena trik tipuan ukuran. Trik ini mengharuskan kamu untuk mengeluarkan uang yang banyak.

2. Tipuan Harga 'Ganjil'


Harga sangat menentukan dalam bisnis. Harga tinggi tidak masalah untuk produk yang sudah memiliki brand atau produk yang sudah memiliki nama.

Tapi jangan coba-coba menjual produk yang tidak terkenal dengan harga tinggi karena hampir tidak ada yang beli.

Jika kamu perhatikan, kamu akan melihat harga suatu produk dengan nominal 999 di belakang harga produk tersebut.

Misal ada produk dengan harga Rp 2.999.000 maka kebanyakan orang menganggap nominal tersebut mendekati 2 juta, padahal kurang Rp 1.000 saja sudah 3 juta.

3. Tipuan Kata 'Gratis'


Siapa yang tidak suka gratis? Kamu juga pasti suka dengan yang gratis kan? Sudah kodrat manusia untuk menyukai barang gratis.

Jika ada tawaran produk beli 1 gratis 1 maka mata orang-orang akan tertuju ke produk tersebut. Tipuan kata gratis ini sangat manjur, karena walaupun orang tidak suka dengan barang tersebut, tetap saja dibeli.

Semua karena GRATIS

4. Tipuan Gambar


Tipuan gambar sangat nyata dilihat. Namun masih juga tertipu. Lihatlah iklan-iklan yang terpampang di jalan, iklan di tv, atau iklan produk di medsos.

Iklan-iklan tersebut jauh dari kata 'SAMA'. Padahal apa yang diiklankan tersebut sangat berbeda  dengan apa yang kita alami. Contoh kecilnya iklan shampo, iklan makanan, dan iklan minuman.

5. Tipuan Tata Letak


Pernakah kamu berbelanja tetapi tiba-tiba lupa apa yang akan kamu beli dan membeli barang lain? Berarti kamu sudah terjebak dalam tipuan tata letak.

Tipuan ini bertujuan untuk membuatmu bingung dengan susunan atau tata letak produk yang kamu lihat.

Produk-produk tersebut sengaja diletakkan sedemikian rupa sehingga orang-orang yang melihatnya menjadi bingung.

Itulah 5 trik marketing yang juga bisa kamu praktekkan.

Post a Comment

Previous Post Next Post