Ternyata berbahaya mencium bibir anak loh. Mungkin kamu sebagai orang tua menganggap itu  sebagai bentuk kasih sayang. Namun ternyata mencium bibir anak memiliki dampak yang tidak baik.

Cium bibir anak
Bahaya Mencium Bibir Anak

Mencium anak di bibirnya merupakan hal yang kontroversi. Banyak yang menganggap itu hal yang biasa saja namun tidak sedikit juga yang menganggap itu sebagai hal yang tidak boleh dilakukan.

Orang tua yang menganggap mencium anak pada bibirnya biasa saja karena mereka hanya menganggapnya sebagai hal yang lumrah sebagai orang tua yang memberikan kasih sayang kepada anaknya.

Dan orang tua yang menganggap tidak bolehnya mencium bibir anak karena mereka beranggapan bahwa mencium bibir karena adanya nafsu serta akan berdampak pada psikologis anak.

Apasih dampak psikologisnya terhadap anak?

Menurut Dr. Charlotte Reznick, mencium anak pada bibir mereka akan menimbulkan kebingungan bagi si anak dan mempengaruhi peran, perasaan, dan emosi mereka.

Tetapi pendapat tersebut bertentangan dengan pendapat Dr. Fiona Martin. Menurutnya mencium bibir anak hanyalah bentuk komunikasi orang tua pada anak bahwa mereka menyayanginya.

Kalau menurut kamu tentang mencium bibir anak bagaimana sih? Apakah kamu sering mencium anak di bibirnya?

Itulah beberapa pendapat pakar psikologi, bagaimana dengan pendapat dokter?

Setelah kita tahu bersama dampak psikologisnya terhadap anak, sekarang ada sebuah pendapat yang sangat mengejutkan dari seorang dokter yang berasal dari Pennsylvania.

Dokter tersebut melarang kita untuk mencium bibir anak ketika mereka masih bayi karena rentan akan penyakit. Penyakit ini dapat disebabkan oleh bakteri yang berpindah dari mulut ke mulut.

Lanjutnya, banyak penelitian yang menjelaskan tentang itu bahwa perpindahan bakteri dari mulut ke mulut akibat mencium anak pada bibir mereka akan menimbulkan gigi berlubang. Berbahaya bukan?

Bayangkan saja anak kita yang masih kecil sudah mengalami sakit gigi. Orang dewasa saja sudah mengeluh akan sakit gigi apalagi anak yang masih kecil.

Selain bakteri yang kamu tularkan pada anak akibat sering mencium bibir mereka ada juga faktor lain yang dapat menyebabkan tertularnya bakteri pada mulut bayi.

Bakteri bisa tertular melalui peralatan bayi
Bakteri bisa tertular melalui peralatan bayi

Diantaranya akibat minum dari botol, gelas, alat makan yang sama dengan orang lain atau orang dewasa. Ingat bahwa anak kecil masih rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu jaga peralatan makan anak kita agar terhindar dari bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Nah, mulai sekarang kurangi mencium anak di bibir mereka karena anak kecil masih rentan penyakit akibat bakteri yang bisa kamu tularkan. Setuju?

Post a Comment

Previous Post Next Post