Merasa haus walaupun sudah banyak mengkonsumsi cairan, hati-hati jangan sampai itu gejala penyakit serius. Oleh karena itu, untuk menghindari akibat fatalnya maka penting bagi kamu untuk membaca artikel ini.
Merasa haus (Via Freepik.com)

Setiap orang pasti pernah haus. Merasa haus biasa disebabkan karena terlalu lama beraktivitas di luar ruangan, makan-makanan asin, dan ketika selesai berolahraga.

Jika tidak pernah haus, penulis curiga dia pengguna buah iblis. Wkwkwk, bercanda kawan.

Cairan atau air yang kita konsumsi dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan metabolisme sehingga tubuh kita bisa beraktivitas normal.

Biasanya volume urine atau air kencing orang dewasa adalah 3 liter per hari. Jika kamu sering minum karena kehausan maka volume urine tersebut bisa mencapai 16 liter. Sangat banyak bukan?

Oleh karena itu, ketika kamu sering merasa kehausan setiap hari maka awas jangan sampai itu pertanda penyakit serius.
Mulut kering (Via Diabetes.co.uk)

5 Penyebab atau Penyakit Sering Merasa Kehausan


1. Diabetes


Diabetes terjadi akibat gula dalam darah meningkat sehingga ginjal bekerja ekstra untuk mengeluarkan banyak urine dan membuang banyak glukosa. Jadi, jangan heran jika kamu sering minum.

2. Mulut Kering


Xerostomia atau mulut kering juga bisa menyebabkan tubuh merasa kehausan. Biasanya mulut kering disebabkan oleh merokok tembakau atau ganja, kecemasan, proses penuaan, dan stres.

3. Diabetes Insipidus


Diabetes Insipidus adalah kelainan langka yang dialami tubuh. Diabetes Insipidus ini bukanlah diabetes yang kita kenal selama ini.

Penderita diabetes insipidus ini akan memproduksi urine dalam jumlah yang banyak sehingga penderitanya akan mudah merasa haus.

4. Anemia Sel Sabit


Anemia sel sabit terjadi karena sel darah merah memiliki bentuk yang tidak normal atau berbentuk bulan sabit. Jika ini terjadi maka bisa merusak ginjal sehingga bisa memicu sering haus.

5. Masalah Tiroid


Tiroid adalah kelenjar seperti kupu-kupu yang terletak di leher. Jika kelenjar tiroid memproduksi terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon tiroid maka akan menyebabkan merasa haus yang meningkat.

Itulah 5 penyakit yang dialami ketika tubuh merasa sering kehausan, segera periksa ke dokter jika mengalami hal demikian. Jangan lupa berbagi informasi.

Post a Comment

Previous Post Next Post