Merasa ngantuk di pagi hari akan menyebabkan tubuh menjadi lemas dan loyo, kurang produktif dan membuat kita mudah lupa. Banyak kan dampak negatifnya?
Ngantuk pagi hari
Ngantuk pagi hari (Via Naturepedic.com)

Merasa ngantuk di pagi hari juga akan menyebabkan kurang konsentrasi sehingga pekerjaan yang dilakukan menjadi kurang maksimal.

Menurut agama, jika kamu tidur karena tidak bisa menahan rasa ngantuk yang kamu rasakan di pagi hari maka akan dijauhi rezeki, artinya kamu sudah menyia-nyiakan kesempatan yang besar pada hari itu.

Oleh karena itu, banyak kerugian daripada manfaat yang didapat ketika kamu sering merasa ngantuk di pagi hari, sehingga kamu harus ketahui penyebab ngantuk tersebut.

Secara umum ngantuk di pagi hari disebabkan karena kamu kurang tidur, namun terlepas dari itu ada beberapa penyebab ngantuk di pagi hari yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

5 Penyebab Kamu Sering Mengantuk di Pagi Hari


Nah untuk lebih jelasnya, inilah 5 penyebab kamu sering merasa ngantuk di pagi hari.
Kurang tidur
Kurang tidur (Via Psychologytoday.com)

1. Kurang Tidur


Sudah disinggung diatas bahwa penyebab umum seseorang mengantuk pada pagi hari adalah karena kurang tidur.

Bisa jadi karena kamu sering begadang, mengerjakan sesuatu hingga larut malam, main sosial media ataupun karena kamu ingin begadang saja.

Akibatnya, kamu akan merasa lelah berkepanjangan dan merasa mengantuk setiap waktu termasuk pada pagi hari.

Oleh karena itu, kamu bisa mengurangi aktivitasmu pada malam hari sehingga kamu punya waktu yang cukup untuk istrahat.

2. Kekurangan Cairan


Dehidrasi atau kekurangan cairan juga bisa menyebabkan rasa ngantuk di pagi hari. Kekurangan cairan dapat mengurangi aliran darah ke otak, akibatnya kita sering mengantuk termasuk di pagi hari.

Oleh karena itu, pastikan kamu tidak kurang minum air putih karena banyak manfaat yang didapat termasuk kualitas tidur.

3. Pengaruh Minuman Tertentu


Pengaruh minuman yang pertama adalah karena kafein. Kafein bekerja di tubuh selama 6 jam setelah dikonsumsi, sehingga dapat mengganggu waktu tidur kita.

Kafein bisa didapat dari mengkonsumsi kopi, teh, minuman ringan atau obat-obatan. Jadi, untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup, pastikan kamu memperhatikan kafein yang kamu konsumsi.

Pengaruh minuman yang kedua adalah karena alkohol. Ini biasa terjadi pada mereka yang suka mengkonsumsi minuman beralkohol.

Mengkonsumsi minuman beralkohol walaupun dalam jumlah yang sedikit akan mempengaruhi waktu tidur apalagi dalam jumlah yang banyak.

Mengkonsumsi minuman beralkohol juga dapat membuat tubuh merasa mabuk, mual, dan bahkan mengganggu kualitas tidur.

Mengkonsumsi minuman beralkohol harusnya tidak boleh dilakukan karena dilarang oleh agama.
Obat-obatan
Obat-obatan (Via Healthline.com)

4. Pengaruh Obat


Beberapa jenis obat bisa mengganggu aktivitas tidur kamu. Misalnya obat asma, obat jantung, obat penurun tekanan darah, hingga antidepresan.

Jadi, jangan heran jika setelah mengkonsumsi obat tertentu kamu mudah merasa ngantuk.

5. Kekurangan Oksigen


Kekurangan oksigen bisa menyebabkan tubuh merasa letih, lesu, dan lelah. Kekurangan oksigen bisa disebabkan karena ruangan yang kurang memiliki ventilasi udara ataupun karena kamu mengidap anemia.

6. Masalah Psikologis


Masalah psikologis terutama depresi dan stres bisa mengganggu aktivitas tidur. Oleh karena itu, segera periksa ke dokter jika mengalami masalah tersebut.

7. Menderita Penyakit Tertentu


Untuk kamu penderita diabetes, anemia, gangguan tiroid, penyakit ginjal, dan bahkan gagal jantung maka jangan heran jika kamu sering mengantuk. Segera periksa ke dokter karena itu adalah penyakit medis.

Oleh karena itu, kamu bisa memperhatikan 7 penyebab sering merasa ngantuk di pagi hari, sehingga bisa diobati maupun bisa dihindari aktivitas-aktivitas yang menyebabkannya.

Post a Comment

Previous Post Next Post