Banyak akibat buruk yang bisa disebabkan karena kita terlalu peduli pada orang lain, karena tidak setiap orang punya pemikiran yang sama dengan kita sehingga terlalu peduli tidak terlalu berdampak baik pada orang lain.

Stres
Stres (Via Therecoveryvillage.com)

Semakin kita mengenal banyak orang maka akan semakin banyak pula urusan kita terhadap orang lain. Namun, tidak semua bentuk kepedulian kita akan diterima oleh orang lain.

Tentu bentuk kepedulian kita merupakan hal-hal yang positif, tapi kembali lagi bahwa tidak setiap orang bisa menerima itu dengan baik. Oleh karena itu, jangan terlalu peduli pada orang lain dan kamu harus kurangi.

Ada 5 alasan mengapa kepedulianmu kepada orang lain harus kamu kurangi. Yuk simak.

5 Alasan Terlalu Peduli Itu Gak Baik


1. Kamu mungkin dianggap cari perhatian


Pemikiran orang lain atau bahkan teman kita sendiri berbeda dengan apa yang kita pikirkan. Penerimaan orang lain jika kita terlalu peduli bisa baik dan bisa buruk.

Jangan sampai orang menganggap kita hanya mencari perhatian saja, dan yang paling buruk adalah orang menganggap kita punya maksud terselubung yang ingin menguntungkan diri sendiri.

2. Orang lain juga punya privasi


Berikan juga waktu kepada orang lain. Jangan karena sudah berteman maka kamu terlalu peduli padanya. Semua tentangnya kamu yang urus. Itu tidak akan berakibat baik dan malah akan berakibat buruk, karena orang lain juga punya privasi.

Setiap orang punya privasinya sendiri, dan tentu akan sakit hati jika ranah pribadi dimasuki orang lain.

3. Bisa-bisa kamu jadi stres


Semakin banyak kamu peduli pada orang maka akan semakin banyak juga yang kamu pikirkan. Bukan lagi orang lain yang akan stres atas apa yang kamu lakukan tetapi juga akan berdampak pada kamu sendiri.

Semakin banyak yang dipikirkan juga akan semakin mudah kita stres. Hati-hati dengan stres.

4. Orang lain juga ingin sendiri


Siapapun membutuhkan waktu untuk sendiri memikirkan berbagai hal yang terjadi. Jangan kekang orang lain dengan tindakan kepedulianmu.

Walaupun sikap peduli yang kamu berikan itu baik tetapi orang lain juga bisa merasa risih jika terlalu. Orang lain juga terkadang ingin istrahat dan ingin sendiri.

5. Kamu tidak punya waktu untuk sendiri


Tidak semua tentang orang lain dalam hidup ini, benar bukan? Jika kamu terlalu peduli pada orang lain maka selain orang lain akan merasa risih juga kamu tidak punya waktu untuk dirimu sendiri.

Kamu juga harus mengurus diri karena perasaanmu tidak akan dirasakan orang lain.

Bentuk kepedulian dan respon setiap orang akan berbeda-beda, bisa baik dan juga bisa buruk. Oleh karena itu, jangan terlalu peduli pada orang lain jangan sampai orang menganggap itu sebagai sesuatu yang buruk. Punya tambahan?

Post a Comment

Previous Post Next Post