Jahat, tidak hanya menyakiti orang lain tetapi juga bisa menyakiti diri sendiri. Mungkin kebanyakan dari kita tidak menyadari ini, karena kita juga bisa saja berbuat tetapi bukan jahat pada orang lain melainkan jahat pada diri sendiri.

Waktu habis untuk hal yang tidak penting
Waktu habis untuk hal yang tidak penting
(Via Gamebrott.com)

Bisa saja apa yang dilakukan membuat nyaman diri sendiri tetapi sebenarnya apa yang dilakukan tersebut telah menyakiti diri, dan kamu tidak menyadarinya.

Perhatikan 5 tanda ini pada dirimu, jika ada berarti kamu telah menyakiti dan jahat pada dirimu sendiri tanpa kamu sadari. Yuk cek di bawah ini.

5 Tanda Kamu Jahat pada Diri Sendiri tanpa Kamu Sadari


1. Tidak mengurus diri


Poin pertama yang menandakan kamu jahat pada diri sendiri adalah tidak mengurus diri. Kesibukan dunia pekerjaan ataupun karena malas dengan tidur-tiduran membuat kamu lupa atau sengaja tidak mengurus diri.

Hal ini mungkin tidak kamu sadari tetapi hal tersebut bukanlah sesuatu yang baik bagi diri sendiri. Jangan biasakan hal tersebut dan sayangilah dirimu.

2. Terlalu egois


Egois saja tidak baik apalagi terlalu egois. Hal ini menandakan bahwa kamu tidak menganggap adanya orang lain, dan bahkan kamu tidak mengharapkan bantuan orang lain.

Sebagai makhluk sosial tentu kita tidak bisa hidup sendiri dan akan selalu membutuhkan bantuan orang lain. Oleh karena itu, terbuka dan menerima bantuan orang lain adalah solusi dari permasalahan ini.

3. Waktu habis untuk hal tidak penting


Seharusnya setiap waktu yang kita memiliki dimanfaatkan dengan baik sehingga tidak terbuang sia-sia. Menghabiskan waktu dengan aktivitas yang tidak penting membuat waktu berharga kita habis dengan percuma, padahal waktu itu sangat berharga.

Perkembangan teknologi saat ini sangat berpengaruh terhadap waktu kita yang terbuang percuma. Menghabiskan waktu kepada hal yang tidak penting adalah bentuk jahatnya kita pada diri sendiri.

4. Tidak menghargai diri sendiri


Tidak menghargai diri sendiri juga merupakan tanda kamu sudah jahat pada diri sendiri. Mungkin kamu seorang yang asyik sehingga terkadang lupa dengan apa yang kamu katakan pada orang lain.

Keceplosan atau sengaja mengejek atau menjelek-jelekkan diri sendiri adalah bentuk kamu tidak menghargai diri. Kalau kamu tidak menghargai dirimu, bagaimana orang lain?

5. Tidak suka dinilai orang


Sebagai makhluk sosial, kita tetap membutuhkan bantuan orang lain. Oleh karena itu, kita harus terbuka dengan kritik saran orang lain. Jika kamu tidak suka dinilai maka berarti kamu sedang jahat pada dirimu sendiri.

Untuk bisa berkembang kita harus tetap menerima masukan dari orang lain, karena terkadang orang lain bisa melihat kelemahan yang tidak bisa kita lihat.

Itulah 5 tanda kamu sudah jahat pada diri sendiri, banyak orang yang tidak sadar dengan hal tersebut. Jadi, sayangi dirimu dan jangan jahat pada dirimu sendiri. Ada tambahan?

Post a Comment

Previous Post Next Post