Ir. Soekarno adalah presiden pertama negara Indonesia. Ia memiliki banyak nama yang kalau disebut akan mengacu dan mengingatkan kita kepada dirinya.

Bung Karno, Bung Besar, Bapak Bangsa, Pendiri Indonesia, Sang Proklamator, Putra Sang Fajar, adalah nama-nama yang melekat pada diri Presiden Soekarno.


Bukan Soeharto Atau Soekarno, Jokowi Presiden Terbaik Indonesia, Megawati
Presiden Republik Indonesia
Dengan menyebut salah satu dari banyaknya nama yang melekat pada diri Soekarno, maka kita langsung mengingat jasa-jasa besar yang ditorehkan beliau untuk Indonesia.

Tapi sayangnya, Bapak Proklamator ini ternyata bukan presiden terbaik Indonesia.

soekarno
Soekarno
Lantas, siapakah presiden Terbaik Indonesia jika memang bukan Soekarno?

Menurut survei Indo Barometer yang dirilis Minggu (20/5/2018) menyebutkan, 32,9 persen responden memilih Soeharto sebagai presiden yang paling berhasil. Urutan kedua Soekarno (21,3 persen responden), ketiga Joko Widodo (17,8 persen responden), keempat Susilo Bambang Yudhoyono (11,6 persen responden) dan kelima BJ Habibie (3,5 persen responden), Keenam Gusdur (1,7 persen responden), serta ketujuh Megawati (0,6 persen responden).

Jokowi
Jokowi
Soeharto menjadi pemimpin terbaik Indonesia karena pada masa kepemimpinannya harga pangan murah, bbm tak tinggi, sangat aman, pembangunan merata dan lain sebagainya.

Walaupun demikian, Soeharto harus diturunkan dari 'tahtanya' karena krisis yang dialami Indonesia kala itu.

Soeharto
Soeharto
Memang mengejutkan jika Soekarno menjadi pemimpin terbaik kedua, karena mengingat besarnya jasa jasa beliau yang melepaskan Indonesia dari cengkraman penjajah.

Tapi yang paling mengejutkan adalah posisi Pak Jokowi. Presiden ketujuh Indonesia ini menempati posisi ketiga presiden terbaik Indonesia, mengingat bahwa ia belum lama menjadi presiden. Berbeda dengan Soekarno dan Soeharto yang memiliki sama jabatan yang agak lama.

Setelah SBY, ada nama BJ Habibie dan Gusdur, maka otomatis julukan presiden 'terburuk' Indonesia jatuh kepada Megawati.

SBY
SBY
Sebenarnya bukan yang terburuk sih, tetapi terbaik terakhir, karena bagaimanapun Megawati adalah presiden perempuan pertama Indonesia. Terburuk dan Terbaik Terakhir memiliki arti yang berbeda.

Menurut survei, pentolan PDI Perjuangan ini hanya mendapatkan 0,6 persen suara. Apakah karena Megawati menjual aset-aset berharga negara?

Joko Widodo
Joko Widodo
Tapi yang perlu diingat bahwa survei ini dilakukan di kota-kota besar, mungkin saja hasilnya akan berbeda jika melibatkan seluruh wilayah Indonesia.

Namun menurut politikus PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko, survey Indo Barometer secara tidak langsung menunjukkan bahwa Joko Widodo adalah presiden yang paling berhasil memimpin Indonesia.

Pencapaian keberhasilan Soeharto dan Soekarno dengan Jokowi, tidak bisa dibandingkan. Sebab, periode kepemimpinan ketiga presiden itu berbeda jauh. Soeharto berkuasa selama 32 tahun dan Ir Soekarno menjadi presiden selama 22 tahun.

Presiden Ke-2 Indonesia
Presiden Ke-2 Indonesia
Sementara Jokowi yang baru menjabat menjadi presiden sekitar 4 tahun berada pada posisi ketiga.

Dengan demikian, menurut Budiman, boleh dibilang bahwa mayoritas responden memilih Jokowi sebagai presiden yang paling berhasil.

Jadi, anda setuju dengan pendapat yang mana nih. Setuju dengan hasil survey atau setuju dengan pendapatnya Budiman? Atau anda punya pendapat lain? Tuliskan pendapat anda di kolom komentar.

Post a Comment

Previous Post Next Post