Mark Zuckerberg adalah pendiri sekaligus CEO Facebook, salah satu orang terkaya di dunia. Ia menempati posisi kelima orang terkaya di jagat ini, menurut Indeks Miliuner Bloomberg.

Zuckerberg memiliki kekayaan mencapai 74 miliar dolar AS atau lebih dari Rp 1.000 triliun, tentunya akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg
Apakah anda pernah berpikir bagaimana ia menikmati kekayaannya tersebut?

Satu hal yang bisa kita contoh dari Zuckerberg ini adalah kesederhanaannya. Ia selalu tampil sederhana bersama istri dan kedua putri mereka.

Mungkin anda sering melihatnya memakai baju yang sama dimanapun ia berada. Ya, Zuckerberg selalu memakai T-shirt abu-abu yang selalu dikenakannya ke mana-mana.

Zuckerberg selalu memakai T-shirt abu-abu
Zuckerberg selalu memakai T-shirt abu-abu
Bahkan mobilnya pun sangat sederhana, yakni Honda Acura TSX, sebuah hatchback Volkswagen, dan sebuah Honda Fit yang ketiganya bernilai kurang dari 30.000 dolar AS atau sekitar Rp 400 juta. Sederhana bukan? Tiga mobil yang ia miliki harganya tidak sampai setengah miliar. Sedehana bukan?

Ya, sederhanalah untuk ukuran orang terkaya di jagat ini.

Tidak seperti artis-artis Indonesia yang kerap kali memamerkan barang-barang mahalnya seperti Princess Syahrini, Krisdayanti dan kawan-kawannya seperti yang kami rangkum dari brilio.net

sering beramal
sering beramal
Dan satu hal lagi yang harus kita apresiasi dari Pak Facebook ini, yaitu ia sering beramal.

Diketaui Zuckerberg dan Landen, perusahaan startup perumahan, pada awal 2017, menyumbangkan 5 juta dolar AS atau sekitar 70 miliar rupiah untuk membantu 60 orang guru di California membeli rumah.

Juga Zuckerberg menjadi salah satu anggota organisasi yang bernama Giving Pledge.

Zuckerberg bersama Bill Gates
Zuckerberg bersama Bill Gates
Dalam perkumpulan tersebut diketahui Zuckerberg bersama Bill Gates, Warren Buffett, dan lebih dari 100 miliuner lainnya yang mana mereka berkomitmen untuk beramal yakni dengan menyumbangkan sebagian besar hartanya untuk kepentingan sosial.

Bahkan Zuckerberg berencana akan menjual 99 persen saham miliknya di Facebook dalam masa hidupnya, sebagian dari hasil penjualan saham itu akan digunakan untuk membiayai Chan Zuckerberg Initiative, lembaga amal yang didirikannya bersama sang istri.

Facebook
Beramal
Chan Zuckerberg Initiative fokus pada pembelajaran personal, menyembuhkan penyakit, mempersatukan orang, dan membangun komunitas yang kuat.

Menurutmu, Pak Facebook ini seperti apa sih? Tulis tanggapanmu di kolom komentar.

Post a Comment

Previous Post Next Post