Kanker tiroid adalah salah satu kanker yang bisa diobati sehingga kamu tidak perlu dan terlalu khawatir jika mengalami kanker tiroid ini.

Ini Ciri-Ciri dan Penyebab Kanker Tiroid. Hindari Sedini Mungkin
Ini Ciri-Ciri dan Penyebab Kanker Tiroid (Medicalnewstoday.com)

Namun, yang namanya penyakit harus tetap diobati atau harus berusaha untuk disembuhkan karena ada banyak kerugian yang bisa dirasakan oleh si penderita penyakit tersebut.

Kanker tiroid adalah penyakit tiroid yang terjadi akibat tumbuhnya jaringan kanker pada kelenjar tiroid. Oleh karena itu, kenali gejala serta faktor penyebab tumbuhnya jaringan kanker tersebut.

Kelenjar tiroid merupakan kelenjar yang mengontrol tubuh dengan menghasilkan hormon penting untuk disebarkan ke berbagai fungsi tubuh.

Ketika kelenjar ini bermasalah karena berbagai faktor, maka ada beberapa penyakit yang bisa mengintai, dan yang paling parah dari beberapa itu adalah kanker tiroid.

Kanker tiroid sendiri ternyata salah satu dari beberapa kanker yang bisa diobati, tetapi jangan dianggap enteng, karena kanker tetaplah kanker.

Ini Ciri-Ciri dan Penyebab Kanker Tiroid. Hindari Sedini Mungkin
Penyebab kanker tiroid (Medscape.com)

Penyebab Kanker Tiroid


Kanker tiroid berkembang ketika sel-sel kelenjar tiroid bermutasi hingga tak terkendali. Penyebab kanker tiroid sebenarnya belum diketahui pasti.

Namun, ada beberapa hal yang bisa meningkatkan resiko penyakit kanker tiroid ini diantaranya anggota keluarga yang memiliki kanker tiroid, tiroiditis, radioterapi, diabetes, akromegali, dan FAP.

Ternyata perempuan lebih cenderung terkena kanker tiroid daripada laki-laki. Usia juga ternyata berpengaruh yakni pasien berusia 40 sampai 50 tahun keatas cenderung mengalami kanker tiroid ini.

Iodum tidak hanya penyebab penyakit gondok. Iodium merupakan mineral yang terdapat pada beberapa makanan. Kurangnya iodium juga termasuk penyebab dari munculnya kanker tiroid ini.

Cara Pencegahan Kanker Tiroid
Ciri-ciri kanker tiroid (Webmd.com)

Ciri-Ciri Kanker Tiroid


Kanker tiroid jarang menimbulkan gejala terutama pada awal perkembangannya sehingga banyak orang yang tidak menyadari penyakit ini.

Oleh karena itu, kebanyakan orang menyadari dirinya mengalami kanker tiroid ini ketika sudah memasuki tahap lanjutan.

Pada tahap lanjutan, kanker tiroid mengalami pembengkakan atau munculnya benjolan tepat di bawah jakun.

Namun harus dipahami bahwa tidak semua benjolan yang muncul tepat di bawah jakun adalah kanker tiroid karena bisa saja itu termasuk penyakit gondok. Jadi harus melihat juga gejala kanker tiroid yang lain.

Gejala kanker tiroid yang dilansir dari American Cancer Society (Halodoc), antara lain :

  • Benjolan di leher yang tumbuh dengan cepat
  • Pembengkakan di bagian leher
  • Rasa sakit di bagian depan leher yang terkadang naik ke telinga
  • Sakit tenggorokan
  • Sulit menelan
  • Sulit bernapas
  • Suara serak dan tidak membaik setelah beberapa minggu
  • Nyeri pada bagian leher
  • Batuk terus-menerus.

Cara Pencegahan Kanker Tiroid


Jika kamu ataupun orang di sekitarmu mengalami hal yang sama maka segera periksa ke dokter atau ke rumah sakit agar mendapatkan penanganan medis.

Walaupun tidak setiap benjolan di leher berbahaya, tetapi memeriksa kesehatan ke dokter atau ke rumah sakit tetap harus dilakukan. Lebih baik mencegah dari pada mengobati, betul?

Post a Comment

Previous Post Next Post