Sudah minum banyak tetapi masih merasa haus? Kamu harus hati-hati karena jangan sampai kamu mengalami hiponatremia bahkan bisa menyebabkan kematian.
Minum air putih
Minum air putih (Via Nytimes.com)

Tahukah kamu ternyata terlalu banyak minum air putih itu berbahaya? Banyak risiko yang bisa dialami oleh mereka yang terlalu banyak minum air putih.

Siapapun pasti pernah haus namun terlalu banyak minum air putih justru berbahaya bagi tubuh, bukan rasa puas karena dahaga terobati yang didapat tetapi justru penyakit yang didapat.

Kebutuhan air antara laki-laki dan perempuan jelas berbeda. Pada laki laki membutuhkan sekitar 3,7 liter air tiap harinya sedangkan perempuan membutuhkan sekitar 2,7 liter air, ini sudah termasuk air dari makanan.

Oleh karena itu, ketahui asupan air putih yang kamu minum sehingga kesehatan tetap terjaga. Kamu bisa mengetahui tanda terlalu banyak minum air putih berikut.

7 Tanda Terlalu Banyak Minum Air Putih


1. Ingin minum air walaupun tidak haus


Tanda pertama yang bisa dirasakan ketika terlalu banyak minum air adalah selalu mau minum walaupun tidak haus. Jika kamu merasakan hal ini maka kamu harus kurangi jumlah air yang kamu minum.

2. Urine tidak berwarna atau bening


Tanda kedua yang yang bisa dengan mudah kita ketahui ketika terlalu banyak minum air adalah ketika warna urine berwarna bening. Semakin sedikit air yang kita minum maka semakin pekat warna urine tersebut.

3. Sering buang air kecil


Sering buang air kecil juga merupakan tanda yang mudah kita kenali ketika terlalu banyak minum air putih. Hal ini karena dipicu oleh air yang terlalu banyak dalam tubuh.
Sakit kepala
Sakit kepala (Via Westochiro.com)

4. Sakit kepala


Sakit kepala juga bisa disebabkan karena terlalu banyak minum air. Sakit kepala tersebut terjadi karena kelebihan cairan yang memaksa sel-sel otak sehingga kepala akan terasa nyeri.

5. Kembung


Terlalu banyak minum air juga bisa menyebabkan kembung, biasa terjadi setelah minum air karena sebelumnya telah banyak air dalam perut.

6. Kram otot


Kebanyakan minum air putih akan menyebabkan banyaknya cairan dalam tubuh. Hal ini bisa melarutkan kalium bersama air yang akan menyebabkan kram otot, iritasi, serta nyeri dada.

7. Merasa lelah


Jangan salah, kebanyakan minum air dapat menyebabkan tubuh merasa lelah. Perasaan lelah yang dirasakan tersebut disebabkan oleh respon tubuh akibat ginjal yang bekerja ekstra karena banyaknya air dalam tubuh.

Oleh karena itu, kenali gejala terlalu banyak minum air putih sehingga tubuh tetap dalam keadaan sehat. Walaupun 60 persen tubuh kita dari cairan tetapi bukan berarti kita harus banyak minum, setuju?

Post a Comment

Previous Post Next Post