Siapa bilang bawang putih hanyak untuk rempah-rempah makanan? Jangan salah, bawang putih bisa mengobati jerawat membandel sampai mencegah rambut rontok.
Bawang putih
Bawang putih (Via Ndtv.com)

Tanpa kamu sadari, banyak manfaat yang bisa kamu dapat dari bawang putih. Bawang dengan aroma dan ciri khasnya ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan.

Kandungan bawang putih antara lain seperti selenium, vitamin B6, vitamin C, dan mineral penting lainnya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Namun ternyata banyak juga orang yang tidak suka dengan bawang putih ini, baik rasa maupun baunya yang sangat menyengat.

Apakah kamu termasuk orang yang tidak suka dengan bawang putih ini?

Jika kamu termasuk yang tidak suka dengan bawang putih ini maka mulai sekarang kamu harus menyukainya atau kamu harus memaksakan diri untuk suka karena bawang putih memiliki banyak manfaat.

7 Manfaat Bawang Putih


Inilah 7 manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh, untuk kamu yang tidak suka dengan bawang putih mulai sekarang paksa dirimu.
Jerawat
Jerawat (Via Bustle.com)

1. Mengobati jerawat


Untuk kamu yang merasa jengkel dengan jerawat ataupun kamu yang tidak ingin berjerawat maka kamu bisa menggunakan bawang putih mentah.

Bahan allicin yang terkandung dalam bawang putih ini mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dan asam sulfenat, bahan yang terkandung dalam bawang putih juga meringankan bekas jerawat.

2. Pelindung tubuh dari gejala flu


Manfaat bawang putih selanjutnya adalah sebagai pelindung tubuh dari gejala flu. Zat yang terkandungan dalam bawang putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Menurunkan kolesterol


Kandungan allicin yang terdapat pada bawang putih mampu menurunkan kolesterol. Zat allicin tersebut berperan sebagai penghambat enzim yang berperan dalam pembuatan kolestrol.

4. Meringankan sakit gigi


Telah lama dipercaya sakit gigi dapat diobati dengan bawang putih, karena kandungan anti bakteri dan analgesiknya. Hancurkan bawang putih dan langsung letakkan di gigi yang sakit. Tetapi hati-hati karena bisa mengakibatkan iritasi pada gusi.

5. Menurunkan risiko kanker


Kandungan bawang putih yang paling penting juga adalah sulfur aktif. Sulfur aktif tersebut terdapat pada bawang putih mentah, yang mana sulfur aktif tersebut mampu mencegah tumbuhnya sel kanker dan menghambat penyebaran sel kanker itu ke bagian-bagian tubuh.

6. Mempertahankan stamina


Khasiat bawang putih juga bisa mempertahankan stanina. Bawang putih dipercaya bisa mengurangi kelelahan.

7. Mencegah rambut rontok


Bawang putih ini sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan. Sama seperti poin 5 tentang zat sulfur. Sulfur ini juga mampu mengatasi rambut rontok.

Pada bawang putih mentah, zat sulfur mengandung keratin tinggi yang bisa memperkuat rambut agar tidak rontok. Ini sangat berguna untuk kamu yang menderita kebotakan.

Banyak kandungan bawang putih yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Oleh karena itu, sejatinya kita harus menggunakan bahan-bahan atau rempah-rempah alami untuk makanan kita. Setuju?

Post a Comment

Previous Post Next Post