Dahulu, tidur siang dianggap hal yang tidak baik, apalagi dilakukan di tempat kerja atau di kantor. Itu dulu, sekarang tidak demikian. Bahkan beberapa perusahaan besar di dunia memberlakukan tidur siang.
Tidur siang
Tidur siang (Via Time.com)

Misalnya Google, Uber, Zappos, PwC, Ben & Jerry's, dan Capital One Labs. Beberapa perusahaan besar di dunia ini bahkan menganjurkan kepada karyawannya untuk tidur siang yang mana mereka menyediakan ruang tidur khusus.

Tidur siang secara umum sangat penting untuk dilakukan. Telah banyak penelitian tentang ini. Mereka menemukan bahwa tidur siang penting untuk dilakukan karena selain kembali menyegarkan tubuh, tidur siang juga memiliki banyak manfaat lain.

Tidur siang yang baik itu dilakukan antara pukul 13.00 - 15.00. Jadi, untuk kamu yang ingin mendapatkan hasil yang optimal maka dianjurkan untuk tidur pada jam tersebut.

Terlepas dari itu manakah yang lebih baik, tidur siang selama 10 menit, 20 menit, 30 menit, atau lebih?

Ternyata tidur siang selama 10 menit, 20 menit, 30 menit, ataupun lebih itu memiliki manfaat masing-masing. Nah, berikut penjabarannya.

Tidur siang 10 menit per hari dapat memperbaiki kebugaran tubuh selama 155 menit ke depan.

Tidur siang selama 10 menit sudah bisa membantu memulihkan diri dari tidur malam terbatas, dan bahkan tidur siang selama 10 menit mampu meningkatkan fokus dan produktivitas.

Orang yang tidur siang 20 menit setiap hari akan menambah energi hingga 125 menit kemudian.

Tidur siang selama 30 menit malah akan menyebabkan gangguan, seperti merasa pusing atau dan disorientasi.

Walaupun demikian tidur siang yang dilakukan untuk mengganti waktu tidur malam yang kurang maka tentu tidak akan menyebabkan perasaan pusing dan disorientasi.

Menurut studi dari NASA bahwa tidur siang tidak dianjurkan dilakukan lebih dari 30 menit. Tidur siang yang dianjurkan oleh NASA adalah antara 10 sampai 20 menit.

Oleh karena itu, untuk kamu yang ingin mendapatkan hasil maksimal dari tidur maka kamu bisa memperhatikan saran dari study SANA tersebut.

Penulis juga telah merangkum 5 manfaat tidur siang dari berbagai sumber karena tidur siang penting untuk dilakukan dan kita harus sadar akan hal itu.
Stres
Stres (Via Studyfinds.org)

5 Manfaat Tidur Siang


5 manfaat tidur siang secara umum yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Mengurangi stres


Biasanya mereka-mereka pekerja aktif akan memiliki segudang masalah yang harus diselesaikan sehingga untuk tetap mempertahankan produktivitasnya maka mereka harus memiliki cara untuk menjaga itu.

Oleh sebab itu, mereka membutuhkan tidur siang karena tidur siang dapat mengendalikan hormon stres pada tubuh.

2. Mempertajam Daya Ingat


Tidur siang dapat meningkatkan daya ingat bahkan sampai lima kali lipat dibandingkan dengan yang tidak tidur siang, karena tidur siang dapat meningkatkan kinerja otak dalam mengingat.

3. Meningkatkan produktivitas


Hal ini sudah disinggung bahwa tidur siang mampu meningkatkan produktivitas. Tidur siang dapat meningkatkan performa motorik otak sehingga produktivitas bisa dengan mudah didapat dengan hal tersebut.

4. Meningkatkan Kebugaran


Sebuah study yang pernah dilakukan di Stanford University menemukan bahwa atlet yang banyak tidur siang akan mengalami atau mendapatkan detak jantung yang lebih rendah, lebih cepat berlari, latihan yang lebih baik, dan lebih cepat berlari.

5. Menurunkan Nafsu Makan


Poin 5 ini mungkin bukan lagi hal baru karena kebanyakan tidur akan menurunkan keinginan untuk makan, dan sebaliknya kurang tidur akan memicu keinginan untuk makan.

Nah, itulah 5 manfaat tidur siang yang bisa kamu dapatkan. Oleh karena itu, tidur siang dianjurkan untuk dilakukan supaya kebugaran tubuh dan performa tubuh bisa pulih kembali.

Post a Comment

Previous Post Next Post