Siapa yang tidak terganggu dengan jerawat? Terbebas dari jerawat adalah salah satu impian setiap orang. Memiliki jerawat membuat wajah kita tidak mulus.

Keseringan Cuci Muka Penyebab Kamu Langganan Jerawat. Masa Iya? (MDedge)

Setiap orang pastinya mendambakan wajah yang halus dan jauh dari jerawat. Jerawat sangat mengganggu ketika sudah nongol di wajah apalagi di area hidung.

Banyak kebiasaan buruk yang dilakukan sehingga menyebabkan wajah 'dihinggapi' jerawat. Tidak kenal siapa saja, ketika kebiasaan buruk itu dilakukan maka tidak lama jerawat akan muncul.

Namun, hal itu bertolak belakang dengan kenyataan yang akan kamu baca pada artikel ini. Pada artikel ini kamu akan terkejut dengan sebuah penemuan yang bertentangan.

Penyebab jerawat pada artikel ini bukanlah kebiasaan buruk melainkan kebiasaan baik. Jerawat bisa timbul karena kebiasaan baik loh.

Kebiasaan tersebut adalah keseringan mencuci muka. Jadi, jangan heran untuk kamu yang keseringan cuci muka. Ada dampak negatif dari hal tersebut.

Kebiasaan sering mencuci muka akan mengakibatkan iritasi dan kulit mudah sensitif, karena secara alami wajah memproduksi minyak untuk melembabkan dan melindungi wajah, sehingga ketika keseringan mencuci wajah maka sama saja dengan membuat kulit sensitif dan kulit wajah juga tidak terlindungi.

Apalagi dalam membersihkan kulit wajah menggunakan sabun, ini sangat berbahaya jika bukan sabun yang cocok dengan kulit wajah.

Bahan kimia dalam sabun tersebut dapat membunuh bakteri-bakteri jahat maupun bakteri-bakteri baik sehingga kulit wajah menjadi tidak sehat dan rentan terhadap jerawat karena tidak ada lagi pelindung wajah.

Jadi, solusi yang tepat bukan keseringan mencuci wajah tetapi menjaga kebersihan kulit wajah. Cukup dengan cuci muka dua kali sehari pada pagi dan malam.

Sebenarnya anggapan bahwa terlalu sering cuci muka tidak menyebabkan jerawat itu salah, karena hal itu sudah berlebihan. Yang dianjurkan bukan sering sering mencuci wajah tapi menjaga kebersihan wajah. Jadi sangat jelas bedanya.

Beberapa kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat yakni


1. Wajah bersentuhan dengan benda kotor


Misalnya tangan, tangan yang kotor ketika menyentuh wajah maka bakteri jahat dari tangan akan berpindah ke wajah dan memicu tumbuhnya jerawat. Biasakan untuk menjaga kebersihan wajah.

2. Rambut yang kotor


Rambut yang kotor atau kepala yang kotor bisa memicu tumbuhnya jerawat. Minyak alami yang diproduksi kepala untuk melindungi rambut juga bisa menyumbat pori-pori pada wajah dan menyebabkan jerawat.

3. Jenis Kosmetik


Jenis kosmetik yang digunakan juga sangat berpengaruh pada tumbuh kembangnya jerawat. Pilihlah kosmetik yang tidak mengandung minyak. Pemilihan kosmetik ini sangat penting.

Oleh karena itu, gaya hidup sehat juga penting untuk dilakukan. Selalu perhatikan kebersihan wajah. Jangan sampai kamu lalai pada masalah ini apalagi kulitmu yang langganan jerawat.

Post a Comment

Previous Post Next Post