Kebanyakan orang pernah mengalami telinga berdenging. Apakah kamu juga pernah? Jika pernah, kamu bisa tahu pertanda apa yang telah terjadi. Banyak mitos yang diyakini dan beredar di masyarakat.

Telinga berdenging?
Telinga berdenging? (Via Livescience.com)

Beberapa mitos yang beredar di masyarakat tersebut misalnya ada yang sedang membicarakan atau menggosipkan kita, ada juga yang percaya hal ini sebagai tanda tidak waras. Ternyata dalam dunia medis telinga berdenging disebut Tinnitus.

Biasanya orang yang mengalami Tinnitus ini akan mendengar suara di dalam telinganya seperti dengingan, siulan, atau seperti suara deru mesin.

5 Hal yang Telah Terjadi Ketika Telinga Berdenging


1. Mendengar suara keras


Hal yang paling umum penyebab telinga berdenging adalah karena mendengar suara keras.

Maksud dari telinga berdenging setelah mendengar suara keras adalah untuk segera menghidari sumber suara keras tersebut atau langsung mengecilkan volume suara tersebut.

2. Pengaruh obat


Ada beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan telinga berdenging, misalnya jenis obat antibiotik tertentu, aspirin, dan antidepresan.

Biasanya beberapa obat ini termasuk dalam dosis yang tinggi. Oleh karena itu, kamu segera periksa ke dokter jika telinga sudah berdenging.

3. Adanya kotoran di dalam telinga


Telinga berdenging juga bisa disebabkan oleh kotoran di dalam telinga. Oleh karena itu, bersihkan telinga karena telinga juga butuh dibersihkan.

4. Stres


Stres bisa menjadi penyebab terjadinya telinga berdenging. Kamu bisa rehat sejenak dari kesibukanmu karena sudah ada tanda yang diberikan tubuhmu.

Jangan tunda lagi. Sehat lebih baik dari sakit.

5. Sembuh dari suatu sakit


Jika kamu merasakan telinga berdenging bisa jadi kamu sedang proses untuk kembali sembuh dari sakit yang kamu derita.

Biasanya telinga akan berdenging jika kamu sedang dalam pengobatan cedera leher atau kepala.

Jadi, bukan mitos jika telinga berdenging karena hal ini disebut Tinnitus dalam ilmu medis. Dari 5 hal penyebab telinga berdenging tersebut, manakah yang sering kamu alami? Atau mitos seperti apa yang pernah kamu dengar tentang telinga berdenging tersebut?

Post a Comment

Previous Post Next Post