Apakah benar tanda-tanda kematian bisa dideteksi atau diketahui 100 hari, 40 hari, 7 hari, 3 hari, atau 1 hari menjelang kematian? Apakah juga ada tanda-tanda kematian dalam Islam?

Tanda tanda kematian
Tanda tanda kematian

Banyak beredar di internet ini terutama di pencarian Google tentang tanda-tanda kematian sejak 100 hari, 40 hari, 7 hari, 3 hari, atau 1 hari menjelang kematian, dan terkadang mengatasnamakan agama Islam.

Apakah Tanda-Tanda Kematian Bisa Diketahui?


Allah Ta'ala berfirman :

Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dialah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.
(QS. Luqman ayat 34)

Perhatikan baik-baik firman Allah Ta'ala dalam Al Quran Surah Luqman ayat 34 tersebut. Dalam firman Allah Ta'ala menjelaskan kepada kita bahwa hanya Allah Ta'ala yang tahu tentang hari kiamat, yang ada di rahim, apa yang kita usahakan besok, dan tidak ada seorangpun yang tahu di bumi mana seseorang akan mati.

Kaitannya dengan artikel ini, bahwa tanda-tanda kematian dalam Islam yang banyak beredar di internet saat ini tidaklah benar sebab Allah Ta'ala tidak menerangkan itu.

Jelas Allah Ta'ala tegaskan pada kita bahwa tidak ada seorang pun yang tahu di bumi mana atau di tempat mana dia akan meninggal.

Tempat kematian saja tidak ada yang tahu apalagi kapan seseorang akan mati. Singkatnya, tidak ada seorang pun yang tahu kapan dan dimana ia akan mati.

Hal ini juga bisa kita ambil pelajaran bahwa kita harus senantiasa berbuat baik dan mencegah diri dan orang lain dari perbuatan mungkar.

Hikmahnya adalah banyak orang yang akan malas beramal karena menunggu tanda-tanda kematian tersebut. Dia akan mengerjakan amalan kebaikan setelah ia mengalami tanda-tanda kematian tersebut.

Oleh karena itu, Allah Ta'ala tidak membocorkan kepada kita tentang tanda-tanda kematian sehingga kita selalu semangat dalam menjalani hidup dengan terus beramal kebajikan.

Jadi, tanda-tanda kematian sejak 100 hari, 40 hari, 7 hari, 3 hari, atau 1 hari menjelang kematian yang telah beredar luas di internet tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan. Bagaimana menurutmu?

Post a Comment

Previous Post Next Post